3 Fungsi Utama Genset Portable, Benarkan Mampu Mencegah Kerusakan Pada Peralatan Elektronik?

Genset portable menjadi solusi penting atau alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan aliran listrik yang stabil. Keberadaannya sangat diperlukan terutama ketika dalam situasi darurat, atau untuk pasokan listrik di tempat yang sulit dan mendukung operasional agar berjalan dengan lancar. 

Apa yang Dimaksud dengan Genset?

Genset adalah singkatan dari Generator Set, yakni suatu set yang terdiri dari komponen-komponen pembangkit listrik dengan pembakaran di dalamnya. Lebih jelasnya, genset adalah utilitas penting untuk mendukung pasokan listrik, terlebih pada daerah-daerah dengan pemerataan listrik yang belum maksimal. 

Genset disebut juga dengan perangkat yang berfungsi sebagai penghasil sumber listrik di mana mesin berasal dari dua perangkat yang berbeda, yakni engine dan alternator. Engine pada genset berupa motor bakar sebagai perangkat pemutar, sedangkan alternator sebagai pembangkit listrik.

Fungsi Genset

Terdapat beberapa fungsi genset portable yang perlu anda ketahui, sebagai berikut:

  1. Sumber tenaga listrik cadangan

Genset bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya listrik cadangan, terkhusus bagi anda yang tinggal di kawasan dengan aliran listrik yang sering padam. Dengan mengandalkan mesin genset portable mini, anda sekeluarga masih bisa beraktivitas seperti biasa meski listrik tengah padam. Selain itu, genset dapat menjadi pasokan daya tambahan. Sebagai contoh, anda akan mengadakan acara, dan pasokan daya yang tersedia tidak memadai sehingga tidak bisa menjalankan peralatan pada acara tersebut. 

  1. Mencegah kerusakan pada alat elektronik

Untuk peralatan elektronik, seperti kulkas dan cooler box akan mudah rusak bila daya listrik sering terputus. Agar hal seperti itu tidak terjadi, anda bisa membeli genset dengan delay waktu rendah. Tujuannya, agar peralatan elektronik tidak mati dan kehilangan daya ketika pemadaman listrik terjadi.

  1. Listrik bagi keperluan hiburan dan rekreasi

Genset juga bisa anda gunakan untuk keperluan rekreasi. Apabila anda berencana akan melakukan kemping dalam waktu dekat, genset portable adalah solusi yang tepat untuk anda. Genset ini dapat memberikan daya listrik yang bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan lampu atau mengisi ulang baterai bagi perangkat elektronik yang dibawa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *