2 Tips Jitu Memilih Sunscreen untuk Kulit Wajah Sensitif hingga Berminyak

Pastikan sebelum beraktivitas di luar ruang, anda tidak lupa untuk mengoleskan sunscreen pada kulit. Apalagi kini telah tersedia banyak varian sunscreen dengan beragam formula yang bisa anda pilih berdasarkan jenis kulit. Meskipun begitu, anda tetap harus berhati-hati ketika akan memilih produk sunscreen untuk kulit wajah sensitif

Tips Memilih Sunscreen Sesuai Kondisi Kulit

Berikut ini tips memilih sunscreen untuk kulit wajah sesuai kondisi kulit anda:

  1. Sunscreen untuk kulit sensitif dan kering

Bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif dan kering, sebaiknya harus lebih waspada terhadap kondisi cuaca baik ketika terik maupun dingin untuk mencegah kulit iritasi.

Bagaimana cara memilih produk sunscreen yang cocok untuk jenis kulit ini? Pilihlah yang terbuat dari mineral. Karena titanium dioksida termasuk mineral alami yang mampu memantulkan sinar UV dan tidak terurai di bawah sinar matahari.

Disisi lain, zinc dioksida adalah jenis mineral sintetis yang berfungsi untuk memecah energi dan panas yang dilepaskan oleh sinar ultraviolet, serta akan menghalangi radiasi agar menjauh dari kulit anda bahkan sebelum mencapai permukaannya. Jadi, pilih sunscreen untuk kulit wajah sensitif dengan bahan aktif melembabkan seperti hyaluronic acid, dalam bentuk losion atau krim. 

  1. Sunscreen untuk kulit berjerawat dan berminyak

Tidak jauh berbeda dengan sunscreen untuk kulit sensitif dan kering, produk sunscreen yang cocok untuk kulit berjerawat dan berminyak adalah yang memiliki kandungan titanium dioksida dan zinc dioksida. Alasannya, karena mineral ini berkemungkinan kecil akan menimbulkan reaksi alergi jika dibandingkan dengan sunscreen kimiawi. 

Pemilik kulit berjerawat dan berminyak juga disarankan memilih sunscreen berbasis air bukan minyak. Tujuannya supaya bahan sunscreen mudah terserap oleh kulit dan tidak menyumbat pori-pori.  

Ciri-ciri Sunscreen yang Cocok Dengan Kondisi Kulit

Terdapat beberapa ciri-ciri yang menandakan cocok tidaknya sebuah sunscreen untuk kulit wajah sensitif dengan kulit anda, diantaranya tidak menimbulkan jerawat, tidak menyebabkan gatal-gatal dan iritasi. Selain itu, kulit anda menjadi halus, makeup tahan lama dan terasa ringan di wajah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *