Begini Tips Menggoreng Menggunakan Deep Fryer Gas

Deep fryer gas saat ini mulai banyak digunakan karena kemudahannya dalam mengolah berbagai makanan. Deep frying sendiri cocok digunakan untuk membuat makanan fast food menjadi lebih renyah dan lezat. Namun, agar hasil masakan lebih maksimal rasanya, gunakan tips menggoreng sebagai berikut:

1 . Pilih Minyak Goreng yang Tepat

Untuk memasak menggunakan deep fryer gas jenis minyak goreng yang sering digunakan meliputi minyak jagung, minyak kelapa, minyak kacang tanah, dan minyak canola. Pastikan Anda memilih minyak yang memiliki titik api tinggi dan tidak mudah teroksidasi ketika dipanaskan.

  1. Panaskan Minyak Dengan Suhu yang Tepat

Suhu yang tepat disesuaikan dengan jenis makanan yang akan digoreng. Untuk makanan yang lembut seperti donat, Anda sebaiknya menggunakan suhu sekitar 180-190 derajat Celcius.

Sedangkan untuk makanan yang lebih keras seperti kentang goreng, gunakanlah suhu sekitar 190-200 derajat Celcius. Anda bisa menggunakan termometer minyak untuk mengukur suhu minyak yang tepat.

  1. Bersihkan dan Keringkan Makana

Pastikan makanan yang akan digoreng menggunakan deep fryer gas telah dibersihkan dan dikeringkan dengan benar. 

Hal ini lantaran makanan yang terlalu basah atau terlalu lembab akan membuat minyak mudah meleleh dan mengurangi suhu secara signifikan. Hasilnya, makanan yang telah digoreng menjadi lembek dan tidak renyah.

  1. Goreng Makanan Sedikit-sedikit 

Jangan menggoreng banyak makanan dalam satu waktu. Hal ini dapat membuat suhu minyak menurun dan makanan menjadi lembek. 

Pastikan untuk menggoreng makanan dalam jumlah kecil agar minyak tetap panas dan hasil masakan jadi renyah.

  1. Sesuaikan Tepung

Tepung yang terlalu kasar membuat makanan menjadi kasar dan tidak renyah. Begitu juga tepung yang terlalu halus akan membuat makanan terlalu lembek. 

Karenanya, pilih tepung yang sesuai dengan jenis makanan yang akan Anda goreng.

  1. Jangan Menggoreng Makanan Terlalu Lama

Makanan yang digoreng terlalu lama membuat makanan jadi kering dan tidak renyah. Goreng makanan hingga kecoklatan dan tiriskan untuk mengurangi kandungan minyak pada makanan.

Demikian tips menggoreng menggunakan deep fryer gas yang bisa diaplikasikan. Semoga membantu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *