Kenali Bahan Konstruksi Ini Agar Lebih Aman! Inilah Fungsi Besi CNP Pada Bangunan

Besi cnp merupakan salah satu jenis besi yang sering digunakan untuk menopang beban konstruksi yang cukup berat. Besi ini terbuat dari material khusus sehingga bisa menghasilkan kualitas yang kokoh dan tidak mudah rapuh. Lalu apa saja fungsinya dalam konstruksi? Cek berikut ini: 

  1. Digunakan Untuk Rangka Atap 

Besi ini terbilang serba guna dan dapat membantu keberlangsungan konstruksi. Salah satunya yaitu sebagai bahan untuk membuat rangka atap. Pada rumah tradisional, rangka atap masih menggunakan kayu, namun seiring berjalannya waktu sudah mulai menerapkan rangka atap. 

Rangka atap dengan bahan besi cnp tentu akan lebih kuat dibandingkan kerangka yang terbuat dari kayu. Terutama bangunan bertingkat. Untuk menopang beban yang berat, dibutuhkan kerangka yang kuat. 

Tidak hanya itu, rangka kayu memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan kerangka kawat. Mungkin, anda akan sering menganggantinya karena sudah dimakan rayap. Namun untuk kerangka kawat tidak. Anda cukup melapisi dengan bahan anti karat maka rangka atap akan aman. 

  1. Sebagai Partisi Jendela Dan Dinding 

Besi cnp juga sering digunakan untuk partisi atau sekat pemisah pada dinding. Penggunaannya sebagai partisi dinding bertujuan agar tetap kuat dan kokoh. Sifat besi ini yang mendukung, tentu sangat cocok digunakan sebagai partisi. 

Selain digunakan untuk sekat pemisah dinding, juga digunakan untuk partisi jendela. Besi cnp ini juga cocok digunakan sebagai kusennya. Tidak hanya mendukung kekuatan dan ketahanan jendela, besi ini juga membuat bangunan lebih awet. 

  1. Digunakan Sebagai Pagar 

Tidak hanya digunakan sebagai rangka atap atau partisi, besi cnp juga digunakan sebagai pengaman yaitu bahan pagar bangunan. Besi ini dipilih karena sifatnya yang kuat dan ketahanan tiada tanding, oleh karena itu sangat sulit untuk dibobol dan mampu memberikan keamanan tinggi. 

Selain sifatnya yang kokoh dan mampu menahan pembobolan, besi cnp juga memiliki kelebihan lain sehingga sangat cocok untuk bahan pagar yaitu tersedia dalam berbagai ukuran sehingga pemasangannya bisa selang-seling. 

  1. Sebagai Purling 

Ketahanan yang kuat dan kokoh menjadikan besi cnp sehingga sering kali digunakan untuk purling yang mampu menahan tarikan benda dari atas. Purling menjadi komponen penting pada atap. Dapat dikatakan besi jenis cnp sangat bagus. 

  1. Sebagai Dudukan Plafon 

Besi ini sangat cocok digunakan sebagai dudukan atau penopang plafon pada bangunan. Dimana, untuk menopang plafon atau asbes dibutuhkan kerangka yang kuat. Sehingga plafon atau asbes dapat tersusun dengan rapi dan teratur. 

  1. Sebagai Penutup Dinding 

Bahan konstruksi satu ini juga dapat digunakan sebagai penutup dinding. Besi cnp sangat cocok untuk pembuatan dinding semacam logam yang kokoh dan tahan lama. 

Demikian pembahasan mengenai fungsi Besi cnp dalam konstruksi. Ciptakan konstruksi yang kokoh dengan mengandalkan besi cnp di setiap bagiannya. Dapat dipastikan besi jenis ini mampu menopang beban yang berat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *