5 Cara Perawatan Genset Yang Mudah Agar Awet Lama

Genset adalah alat yang digunakan untuk memproduksi daya listrik yang biasa digunakan saat listrik mati. Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan daya listrik untuk menyalakan peralatan elektronik. Genset ini adalah singkatan dari generator set yang memerlukan perawatan khusus agar bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Cara perawatan genset ini bisa diterapkan ketika Anda menjaga kondisi genset agar tahan lama.

  1. Meletakkan Genset di Tempat Kering

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan meletakkan genset di tempat atau ruangan kering. Genset adalah peralatan yang mampu memproduksi daya listrik. Anda harus meletakkannya di tempat kering bila ingin mesin tahan lama. Jangan sampai genset terkena air ataupun panas matahari karena ini akan membuat genset cepat rusak. Ini juga berbahaya karena bisa terjadi adanya sengatan listrik.

  1. Memelihara Kebersihan Genset

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa memelihara kebersihan genset. Genset bersih pastinya akan lebih awet. Cara perawatan genset adalah dengan membersihkan genset saat kotor. Kinerja genset akan berjalan lebih optimal dan maksimal jika kondisinya bersih dan bagus. Anda bisa membersihkan debu, minyak, kotoran, dan air yang menempel di badan genset khususnya bagian radiator. Lakukan pembersihan secara rutin agar genset tak mudah rusak.

  1. Mengganti Sparepart Genset Saat Rusak

Kinerja genset akan berjalan maksimal jika spare partnya masih dalam kondisi bagus. Anda perlu melakukan perawatan pada sparepare genset. Jika sparepart sudah rusak atau tak bekerja maksimal, Anda perlu menggantinya. Bahkan sparepart ini harus diganti dalam kurun waktu tertentu. Hal ini untuk menjaga komponen genset lainnya dan tidak membuatnya ikut rusak. Gantilah komponen atau sparepart kapan saja saat terjadi kerusakan. Anda bisa bertanya ke tukang servis ataupun ahlinya sebelum mengganti sparepart genset.

  1. Menjaga Sirkulasi Udara

Cara perawatan genset membuat genset akan lebih awet jika Anda menjaga kebersihannya. Anda bisa menjaga sirkulasi udara di sekitar genset. Saat genset ditempatkan di ruangan ataupun tempat, pastikan bahwa ruangan itu mempunyai sirkulasi udara baik. Sirkulasi udara ini berdampak pada performa dari genset itu sendiri. Sirkulasi udara ini bisa membantu proses pembuangan gas dari genset dengan baik. Hal ini juga membuat pengguna genset lebih aman dan terbebas dari keracunan asap. Genset rentan terhadap kondisi panas yang bisa mengeluarkan asap dari sisa pembakaran.

  1. Mematikan Kabel

Langkah terakhir perawatan genset adalah mematikan kabel yang tak terpakai. Di bagian mesin genset biasanya memiliki kabel-kabel instrumen. Kabel ini memerlukan perawatan agar memaksimalkan kinerja genset itu sendiri. Anda harus memperhatikan perawatan kabel ini. Pastikan bahwa Anda mematikan kabel ini saat sudah tidak terpakai. Itulah tadi beberapa cara perawatan genset agar lebih awet dan tahan lama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *