Membuat Undangan Pernikahan Murah, ini yang Harus Diperhatikan !

Salah satu cara yang terbilang paling umum atau sering dilakukan oleh para calon pasangan pengantin untuk menghemat biaya pernikahan adalah dengan menekan biaya pembuatan kartu undangan, atau dengan kata lain, membuat kartu undangan pernikahan murah. Sebenarnya hal seperti ini tidak masalah, untuk membuatnya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Desain kartu undangan

Hal pertama yang tentunya cukup mempengaruhi harga kartu undangan, yaitu desain kartu undangan itu sendiri. Semakin tinggi tingkat kerumitan desain kartu undangan, sudah pasti, harga kartu undangan juga semakin tinggi. Sebaliknya, semakin sederhana atau standar sebuah desain kartu undangan, harga yang ditawarkan juga akan semakin murah.

Kali ini pilih dan sesuaikan kartu undangan sesuai keinginan, ada baiknya hal tersebut didiskusikan terlebih dahulu dengan pihak pasangan.

  1. Bahan kertas, gramasi kertas dan jenis tinta

Untuk membuat kartu undangan pernikahan murah maka Anda perlu memperhatikan bahan atau jenis kertas dan bahan tinta yang akan digunakan. Bahan kertas yang biasanya digunakan untuk membuat kartu  undangan pernikahan cukup beragam, mulai dari kertas BW, Art Karton, Art Paper, Photo, Jasmine, dan yang lainnya.Salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk membuat kartu undangan pernikahan, adalah bahan Art carton, atau Art Paper.

Mengingat kali ini Anda akan membuat kartu undangan murah, hindari penggunaan tinta emas atau perak, gunakan tinta standar, atau dalam hal ini tinta warna hitam.   

  1. Fasilitas pada kartu undangan

Yang dimaksud dengan fasilitas pada kartu undangan dalam hal ini, desain peta alamat pada kartu undangan, adanya foto pada kartu undangan, serta beberapa hiasan pada kartu undangan.

Untuk desain peta alamat pada kartu undangan, biasanya sudah menjadi 1 dengan desain kartu undangan itu sendiri.

Sedangkan untuk penambahan foto pada kartu undangan, biasanya akan memakan biaya terpisah, atau dalam hal ini tergantung paket kartu undangan, bisa juga desain kartu undangan itu sendiri.

Demikian pula dengan hiasan pada kartu, yang umumnya dikerjakan secara manual, misalnya saja dengan memberikan lekukan pada bagian kartu tertentu, atau juga penambahan pita pada kartu undangan, dan yang lainnya.

Untuk menghindari harga kartu jadi lebih mahal, ada baiknya jika Anda menghindari penggunaan foto pada kartu undangan dan juga hiasan berlebih pada kartu itu sendiri.  

  1. Finishing

Sistem finishing yang digunakan, juga nantinya cukup mempengaruhi harga kartu undangan. Yang dimaksud dengan sistem finishing, yaitu menggunakan atau tidak menggunakan huruf emboss pada nama kedua mempelai, menggunakan laminating doff atau matte.

Khusus untuk undangan pernikahan standar, biasanya tulisannya hanya tulisan biasa, dan tidak emboss, dengan finishing matte.  

  1. Jumlah kartu undangan

Yang terakhir adalah jumlah kartu undangan. Menariknya semakin banyak jumlah kartu undangan yang dipesan, maka semakin murah pula biaya yang akan Anda keluarkan. Setidaknya pastikan Anda memesan kartu undangan, dengan jumlah minimal pemesanan yang ditawarkan oleh pihak jasa percetakan.

Jadi ketika Anda ingin membuat atau ingin cetak undangan pernikahan murah, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal yang sudah disebutkan di atas. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *