3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Anda Pasang Gigi Palsu

Gigi palsu memang dapat menggantikan posisi gigi yang rusak maupun tanggal sehingga gigi yang Anda miliki dapat kembali berfungsi seperti sedia kala. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk harga pasang gigi palsu Bandung ada beberapa hal yang harus diketahui. Kita akan memberikan ulasannya di bawah ini supaya Anda bisa mendapatkan informasi yang lengkap terkait dengan pemasangan gigi palsu tersebut. 

1.Pahami lebih dahulu jenis-jenis gigi palsu

Sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk harga pasang gigi palsu Bandung, maka perlu tahu lebih dahulu apa saja jenis gigi palsu. Gigi palsu itu terdapat dua jenisnya, yaitu gigi palsu sebagian dan lengkap. Gigi palsu yang lengkap merupakan gigi tiruan dan memiliki fungsi untuk mengganti seluruh gigi palsu And yang hilang. 

Contohnya, gigi pada bagian atas maupun sebaliknya bahkan tidak menutup kemungkinan keduanya, yaitu bagian atas atau bawah. Gigi palsu jenis ini umumnya akan dipakai oleh para lansia yang sudah tidak mempunyai gigi. Sedangkan untuk gigi palsu sebagian adalah berupa tiruan yang berfungsi menggantikan gigi sebagian yang hilang. 

Bukan hanya itu saja, jenis gigi palsu juga akan dikategorikan berdasarkan penggunaannya, yaitu lepas pasang dan permanen. Jadi Anda harus memilih jenis gigi palsu yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. 

  1. Konsultasi dengan dokter gigi

Jika Anda ingin pasang gigi palsu sangat penting untuk melakukan konsultasi lebih dahulu dengan dokter gigi. Nantinya, dokter akan melakukan pengecekan lebih dahulu kondisi dari gusi agar bisa menentukan rencana perawatan yang dilakukan selanjutnya. 

Berikutnya, masih akan ada beberapa pemeriksaan untuk mendukung seperti, CBCT (Rontgen panoramik). Bila kondisi gigi dan area mulut Anda dalam keadaan yang baik, maka bisa secara langsung pasang gigi palsu lem. Namun jika tidak, dokter terlebih dahulu akan melakukan treatment yang paling tepat menyesuaikan dengan kondisi mulut dan gigi Anda. 

  1. Pencetakan Gigi

Pada gigi palsu yang lengkap dokter akan mencetak gigi baru jika sisa-sisa gigi yang mengalami kerusakan sudah dicabut semua. Anda hanya harus melakukan beberapa kali kunjungan sebelum akhirnya pasang gigi palsu hingga gusi sudah bisa menyesuaikan. Gusi juga harus dalam keadaan yang sudah sembuh setelah dicabut dari sisa-sisa gigi yang rusak. 

Namun, ada gigi palsu yang dapat secara langsung dipasang setelah dicabut tanpa harus menunggu pulih lebih dahulu. Pada harga pasang gigi palsu Bandung sebagian, pemasangannya bertujuan mencegah gigi yang lainnya posisinya berubah. Sebelum Anda melakukan pemasangan, dokter akan melakukan pencetakan gigi dan juga tulang penyokong gigi tersebut. 

Nantinya, untuk beberapa kali Anda diminta mencoba gigi palsu lebih dahulu supaya saat dipasang pas dan nyaman dipakai. Jika setelah dipasang ada pendarahan maupun bau mulut berlebihan, maka harus segera berkonsultasi kepada dokter supaya di cek penyebabnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *