Apa Bedanya Oven Freestanding dan Oven Tanam?

Untuk Anda yang ingin beli oven freestanding maupun oven tanam yang bagus, baik untuk kebutuhan rumah tangga ataupun profesional, Anda harus mengetahui dulu perbedaan antara oven freestanding dan tanam. Terlebih supaya dapur tampak rapi tapi bingung memilih oven yang mana. Mari langsung saja simak! 

Oven Freestanding

Oven freestanding atau oven all-in-one dilengkapi empat kaki sendiri. Terdiri dari kompor di atas, ruang oven bawah, serta pemanggang terpisah. Keuntungan menggunakan oven freestanding merupakan satu paket yang lengkap. Oven ini cocok sekali untuk kebutuhan rumah tangga karena Anda tak perlu ukur ruangan. Jika Anda ingin pindah rumah atau bahkan mendekorasi ulang dapur, oven satu ini sangat memudahkan pekerjaan. Oven ini pun ada dalam berbagai ukuran supaya sesuai ruangan. 

  • Keunggulan Lainnya Oven Freestanding:

Cocok diletakkan di dapur karena ada berbagai ukuran, dari lebar 50 cm – 120 cm. Anda dapat memilih memakai listrik atau gas. Proses membersihkan oven terbilang mudah karena memakai enamel liner pirolitik self-clean atau catalytic liners

Fleksibilitas di dalam memasak: Anda dapat memasak menggunakan oven tunggal atau ganda. Walaupun Anda bisa memilih tempat meletakkan kompor, Anda harus tetap dekat sumber listrik. Konsultasikan dahulu dengan teknisi listrik komponen untuk pemasangan oven di dapur. 

Oven Tanam atau Built-In

Oven built-in atau oven tanam lebih dikenal cocok untuk pemakaian profesional. Untuk ruang oven sampai 50 persen lebih banyak dibandingkan oven freestanding. Oven ini cocok sekali untuk kebutuhan restoran untuk memasak kapasitas besar. 

  • Keunggulan yang Lain dari Oven Tanam Built-in:

Oven built-in atau oven tanam yang bagus menyatu dengan dapur untuk menunjang tampilan yang modern serta desain interior dapur. Anda harus ukur dimensi oven dan juga mendesain tampilan dapur Anda. Biasanya, oven ini mempunyai lebar 60 cm, sama dengan unit dapur yang standar. Anda bebas untuk memilih mode, tipe, gaya hobs, serta oven sehingga Anda dapat mendesain dapur sesuai yang diinginkan. 

Namun, oven tanam susah untuk dipindahkan, Anda tak dapat menariknya keluar seperti yang dapat dilakukan pada oven freestanding. Jika Anda ingin pindah rumah, oven tanam akan tetap tinggal. Jika Anda meletakkan oven ini pada tempatnya, pemasangan oven harus dilakukan profesional, baik listrik atau gas. Jadi, oven tanam memang lebih cocok untuk kebutuhan restoran. 

Nah, itulah perbedaan dari oven freestanding dan oven tanam. Saat memilih oven tanam yang bagus, baik freestanding maupun tanam, pilihlah yang terbaik. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan oven tanam yang bagus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *