3 Kelebihan Reng Baja Ringan untuk Atap Hunian

Atap tidak hanya menambah nilai estetika sebuah hunian. Tetapi juga sebagai pelindung dari cuaca panas dan hujan, sehingga konstruksinya harus dipikirkan matang-matang. Salah satu material yang banyak digunakan untuk bagian atap adalah reng baja ringan.

Dari segi harga, baja ringan memang cenderung lebih mahal dibanding atap kayu. Namun, material ini memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya populer di kalangan masyarakat. Berikut ini kelebihan baja ringan yang perlu dipahami.

  1. Bobot yang Ringan dan Tahan Lama

Soal ketahanan, tidak ada yang bisa menyangkal bahwa atap baja ringan memiliki kekuatan yang bagus dan tidak mudah rusak. Di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia, material baja ringan juga tidak berkarat dan tahan terhadap panas ekstrem. 

Tak hanya tahan lama dan kuat, material baja ringan juga memiliki bobot yang lebih ringan bila dibandingkan dengan kayu. Sehingga rangka atap tidak menahan beban yang terlalu berat. Meskipun sekilas terlihat tipis, tapi atap dari baja ringan tidak akan mengalami pemuaian dan penyusutan.

  1. Tidak Dimakan Rayap

Berbeda dari atap kayu, reng baja ringan bersifat anti rayap karena terbuat dari bahan logam. Anda juga tidak perlu menyemprotkan cairan anti rayap atau anti jamur bila menggunakan atap baja ringan. Selain itu, atap jenis ini tidak membutuhkan perawatan khusus, sehingga tidak butuh anggaran rutin per bulannya.

  1. Mudah Dipasang

Kelebihan atap baja ringan yang selanjutnya adalah mudah dipasang dan disambung. Bobot baja ringan hanya sekitar 9 kg/m2 sehingga tidak menyulitkan pegawai bangunan dalam memasangnya. Material baja ringan juga bisa dipotong dan dibentuk sesuai kebutuhan. Berkat hal tersebut, hasil akhir bagian atap hunian akan terlihat lebih menarik.

Itu tadi kelebihan reng baja ringan yang harus Anda pahami sebelum membelinya. Selain tiga poin di atas, atap baja ringan juga memiliki tegangan tarik tinggi yang membuat karakteristiknya lebih lentur bila dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Sekalipun mahal, tapi budget yang dikeluarkan sepadan dengan kualitas yang didapatkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *