Kelebihan Baja Ringan yang Perlu Anda Ketahui

Distributor baja ringan terpercaya merupakan pilihan rekomendasi bagi Anda yang mencari baja ringan berkualitas, kuat, dan tahan lama. Penggunaan baja ringan sendiri bisa Anda temukan dalam berbagai proyek konstruksi, mulai dari kanopi, rumah huni, hingga gedung bertingkat dengan ukuran besar.

Baja ringan sendiri merupakan material dengan banyak keunggulan. Lantas, apa saja ya keunggulan yang membuatnya jadi material konstruksi bangunan favorit saat ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak dulu penjelasannya berikut ini, yuk!

Bobotnya Ringan tapi Kuat

Salah satu kelebihan utama baja ringan adalah bobotnya yang ringan, namun tetap kuat. Karena ringan, jenis baja yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk material atap rangka maupun kanopi. Selain itu, beratnya yang ringan juga mempermudah proses pengerjaan sehingga durasinya juga lebih singkat.

Bisa Dipasang dengan Jenis Penutup Atap Apapun

Kelebihan lainnya dari baja ringan adalah penggunaannya yang cocok dipasangkan dengan beragam jenis penutup atap. Baik itu genteng keramik, genteng metal, genteng kaca, atau genteng beton sekalipun, baja ringan mampu menopangnya. 

Hal tersebut dikarenakan karakteristik materialnya yang memang kuat. Meski demikian, perlu diperhatikan pula bahwa makin berat beban atau jenis atap yang harus ditopang baja ringan, makin banyak pula jumlah bata ringan yang dibutuhkan untuk rangka atapnya.

Mudah Dipasang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, baja ringan dari distributor baja ringan merupakan material konstruksi yang unggul karena ringan. Oleh karena itu, proses pengerjaan konstruksi dengan baja ringan juga lebih mudah yang juga. Dengan begitu, durasi pengerjaan pun jadi lebih singkat.

Tahan Lama dan Anti Karat

Jika selama ini Anda ragu menggunakan material logam dalam konstruksi bangunan karena takut berkarat, Anda tak perlu lagi khawatir ketika menggunakan baja ringan. Pasalnya, baja ringan diproduksi dengan mengaplikasikan pelapis sebagai pelindung anti karat.

Oleh karena itu, baja ringan tetap aman saat digunakan sebagai rangka atap, meskipun ada risiko bocor atau rembesan air. Kalau material kayu bisa rusak karena lapuk dan material baja konvensional bisa rusak karena karat, baja ringan tidak akan terpengaruh sama sekali. Dengan begitu, umur pakainya juga jadi lebih lama.

Variasi dan Fleksibilitas Bentuk Rangka Atap

Penggunaan baja ringan untuk berbagai konstruksi bangunan sebenarnya menunjukkan fleksibilitas penggunaannya. Bahkan untuk proyek konstruksi bagunan besar sekalipun.

Hal tersebut dikarenakan karakteristik baja ringan yang fleksibel sehingga bisa Anda gunakan untuk membuat rangka atap berbagai bentuk. Termasuk untuk bentuk yang unik sekalipun.

Hanya saja, kuncinya tentu ada dalam pemilihan distributor baja ringan yang tepat untuk menjamin bahwa Anda memang mendapatkan baja ringan berkualitas. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu gunakan jasa kontraktor profesional agar tidak ada kekeliruan dalam perhitungan kebutuhan baja ringan yang tepat untuk proyek konstruksi Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *