3 Tips Membeli Mesin Genset Murah

Genset atau generator set sangat diperlukan sebagai cadangan pasokan daya listrik. Terutama pada saat pasokan listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) padam ataupun di lokasi yang belum mendapat sambungan listrik dari PLN. Berikut ini tips membeli mesin genset murah.

Hitung Kebutuhan Daya Listriknya

Hitung seluruh peralatan listrik yang akan digunakan di suatu bangunan. Berhubung satuan hitungnya adalah watt maka perlu dikonversi terlebih dahulu ke satuan hitung genset, yaitu kVa. Sebagai patokan acuan nilai baku untuk konversi adalah untuk setiap 1 kVa daya genset yang tertulis maka daya nyata mesin genset itu adalah sebesar 0,8 kW atau 800 Watt. Jadi cara konversinya adalah kalikan total kebutuhan daya listrik, dalam satuan hitung watt dengan 1/800.  Sebagai contoh, jika kebutuhan listriknya 800.000 watt maka perlu membeli genset dengan kapasitas 800.000 x 1/800, yaitu 1.000 kVa. Beli genset yang mendekati kapasitas tersebut. Jangan terlalu kecil tapi juga jangan terlalu besar, agar tidak boros.

Pilih Genset Open

Lalu pilih jenis genset open. Hal ini karena genset open harganya lebih murah jika dibandingkan dengan harga jenis genset silent. Bisa tempatkan genset open tersebut di bagian belakang bangunan. Akan lebih bagus lagi jika genset ditempatkan dalam suatu kamar di bawah tanah. Dengan begitu suaranya bisa lebih tidak terdengar.

Pertimbangkan Harganya

Kemudian lakukan perbandingan penawaran harganya. Jika kualitasnya sama dan juga garansi yang tidak terlalu beda jauh maka bisa pilih genset yang lebih murah harganya. Meskipun merknya belum terkenal. Hal ini karena biaya promosi suatu merk akan dibebankan kepada konsumen. Namun jangan korbankan pertimbangan kualitas suatu genset hanya demi harga yang murah semata. Hal ini karena bisa jadi justru akan timbul pembengkakan biaya akibat genset yang sering rusak. Sehingga akan memerlukan biaya perbaikan yang lebih sering. Juga dengan biaya penggantian spare partnya. Pertimbangkan juga layanan purna jualnya. Pilih genset yang murah serta mudah didapat suku cadangnya, juga mudah dan murah serta cepat layanan perbaikannya.

Itulah antara lain tips untuk membeli genset yang murah namun tetap terjaga kualitasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *