Tanpa Biaya Tambahan! Berikut 3 Rekomendasi Tools SEO yang Gratis dan Terbaik

SEO atau Search Engine Optimization tidak dapat semerta-merta dilakukan begitu saja tanpa bantuan Tools lainnya. Sebagian besar agensi yang menawarkan jasa SEO website sering menggunakan tools ini untuk membantu pekerjaan mereka. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini. 

  1. Google Search Console 

Google Search Console adalah salah satu alat bantu SEO yang ditawarkan google dengan memberikan layanan gratis untuk memantau performa website sekaligus memecahkan masalah atau eror-eror yang muncul di website anda. Untuk mengakses Google Search Console, Langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut. Pertama buka Google Search Console dan login menggunakan akun Google anda, selanjutnya tambahkan property, pilih domain, masukan nama website, salin kode verifikasi, dan buka halaman penyedia doman. Langkah terakhir adalah dengan mengcopy kode verifikasi sebelumnya dan paste di DNS Configuration. 

  1. Google Analytics 

Tools SEO berikutnya adalah Google Analytics, yang akan membantu mengenal konsumen yang datang ke website. Dengan menggunakan Google Analytics anda dapat mengetahui lokasi, rentang usia,dan kecenderungan kesukaan para konsumen. Penerapan Google Analytics kurang lebih mirip dengan Google Search Console. Cukup login dengan menggunakan akun Google anda, sambungkan dengan website, lalu lakukan pelacakan. Anda dapat mengetahui tentang pengunjung, dan performa halaman website. 

  1. Ahrefs 

Salah satu elemen terpenting pada SEO adalah keberadaan kata kunci. Kata kunci yang paling banyak dicari akan membuat halaman website anda muncul dengan peringkat baik di mesin pencarian. Ahrefs dapat membantu anda mencari dan merencanakan ide kata kunci. Anda dapat menemukan kata kunci yang dipakai di seluruh dunia. Tak hanya Google, berbagai mesin pencari lainnya seperti Bing, YouTube, dan Amazon juga dapat diakses keterkaitannya. Langkahnya sangat mudah, cukup masuk ke website ahrefs.com, lalu ketik keyword yang dituju, dan pilih negara target website anda. 

Semua tools SEO diatas dapat anda akses tanpa tambahan biaya. Dengan tools SEO dapat mempermudah pekerjaan optimasi websitemu. Apabila tidak mempunyai cukup waktu, anda dapat menyewa agensi atau freelancer yang menyediakan jasa SEO website untuk membantu optimasi website. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *