Apa itu Genset Silent

Jual Genset Silent – Genset, singkatan dari generator set adalah pembangkit listrik alternatif yang bisa diandalkan ketika pasokan arus daya listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) mengalami gangguan, atau juga untuk lokasi yang memang belum teraliri pasokan arus daya listrik dari PLN. Jenis dan kapasitas serta merk juga harganya beragam. Salah satunya yang cukup tinggi peminatnya adalah genset silent.

Apa itu Genset Silent

Genset silent banyak diminati karena cara kerjanya yang tidak bising. Sehingga bisa ditempatkan di mana saja, apalagi yang jenis portablenya, yang bentuk kompak, ringkas dan dilengkapi juga dengan roda. Sehingga akan lebih mudah dipindah-pindahkan karena memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, sangat fleksibel penempatannya. Tak perlu harus diletakkan di suatu lokasi tertutup di ruang bawah tanah agar suaranya pada saat beroperasi tidak terlalu mengganggu. Hal ini karena genset silent itu adalah genset yang telah dilengkapi dengan cangkang rumah genset sebagai peredam suaranya. Sehingga dalam beroperasi ketika dinyalakan akan bisa lebih senyap dari genset open. Saat ini sudah banyak tempat yang jual genset silent dengan berbagai pilihan

Cara Memilih Genset Open

Jenis genset silent harganya akan lebih mahal dari harga genset open yang belum dilengkapi dengan cangkang rumah genset peredam suara. Selisih harganya bisa mencapai dua kali lipat bahkan. Namun hal ini sebanding dengan kualitasnya. Harga tertinggi genset adalah untuk jenis genset silent portabel yang didesain ringkas bentuknya dan ringan bobotnya serta dilengkapi roda sehingga bisa dengan mudah dipindahkan. Biasanya jenis genset ini hanya diproduksi oleh merk ternama yang telah populer. Pilih yang dilengkapi juga dengan garansi dan sparepartnya mudah diperoleh, tersedia lengkap dan didukung dengan layanan purna jual yang bagus. Cek kondisi cangkang rumah gensetnya, pilih yang terbuat dari bahan yang anti karat dan cukup tebal sehingga cukup besar dan signifikan pengurangan tingkat kebisingan suara yang mampu dieliminir dan awet serta tidak mudah keropos dan rusak.

Kapasitas Genset Silent

Biasanya pilihan kapasitas daya genset silent tidak akan sebanyak dan selengkap jenis genset open, dan pada umumnya ditawarkan dalam kapasitas daya yang kecil hingga sedang dan tidak akan terlalu besar, terutama untuk tipe portablenya. Namun jenis kapasitas genset silent tersebut telah cukup memadai. Beli genset dalam kapasitas yang tidak terlalu kecil tapi juga tidak terlalu besar dari tingkat kebutuhan pasokan daya listrik yang diperlukan bagi suatu bangunan. Sehingga sebelum membelinya hitung dulu total jumlah kebutuhan pasokan daya listriknya. Jumlahkan kebutuhan listrik dari seluruh peralatan listrik yang ada di rumah atau di kantor, terutama yang paling sering di gunakan dan sangat penting, seperti lampu penerangan, pompa air, lalu kulkas, rice cooker, setrikaan, kipas angin dan air conditioner dan lain sebagainya. Berhubung satuan ukurnya adalah dalam watt (w) maka perlu dikonversi terlebih dahulu ke dalam satuan ukur KVa, yakni satuan ukur daya genset silent yang hendak dibeli.

Perhatikan kapasitas daya genset silent yang akan dibeli, sesuaikan dengan kebutuhannya. Dan pastikan keaslian produk dari tempat yang jual genset silent tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *