Mengenal Prosedur Dan Biaya Pasang Behel Tangerang

Memasang kawat gigi atau behel menjadi salah satu solusi bagi siapa saja yang memiliki masalah pada susunan gigi. Jika Anda berdomisili di Tangerang dan sedang mempertimbangkan untuk memasang kawat gigi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu prosedur serta kisaran biaya pasang behel terdekat di bawah ini.  

Prosedur Pemasangan Behel Terdekat di Tangerang

Pertama, dokter akan melihat foto rontgen yang menggambarkan struktur gigi pasien sebelum melakukan pemasangan kawat gigi. Setelah itu, pasien akan diminta menggigit adonan khusus selama beberapa menit untuk mencetak pola gigi. 

Selanjutnya pada tahap pemasangan behel, terdapat beberapa prosedur yang harus dilalui diantaranya:

  • Pemasangan bracket pada bagian dalam atau bagian luar gigi
  • Pemasangan cincin pengunci geraham dimana dokter akan menempatkan karet diantara gigi geraham untuk membuat ruang. Pada tahap ini dilakukan juga pemasangan tabung khusus pada cincin di gigi geraham guna mengunci kawat gigi. 
  • Pemasangan kawat penghubung bracket yang memiliki struktur lentur untuk mengatur gerakan gigi
  • Pemasangan aksesoris tambahan berupa tali elastis untuk menjaga gigi agar berada pada posisi yang tepat.
  • Setelah semua prosedur dilakukan, pasien harus melakukan kontrol secara rutin selama 18 bulan hingga 2 tahun. Lamanya waktu kontrol tersebut berbeda-beda tergantung pada kondisi gigi setiap pasien. 

Kisaran Biaya Pasang Behel di Tangerang 

Biaya pasang behel Tangerang sangat bervariasi. Jika Anda melakukan pemasangan behel di puskesmas, harganya terbilang murah yaitu sekitar Rp 2 juta. Sedangkan jika memilih memasang behel di rumah sakit, Anda perlu mempersiapkan dana yang lebih besar yaitu sekitar Rp. 3 juta sampai Rp. 20 juta. Harga tersebut ditentukan berdasarkan masalah gigi yang dialami, bahan dan jenis kawat gigi, serta metode pemasangan kawat gigi yang digunakan. 

Perlu dicatat, meski pemasangan behel bisa dilakukan di puskesmas atau rumah sakit. Anda tidak bisa menggunakan program jaminan kesehatan dari Pemerintah. Hal ini dikarenakan pemasangan kawat gigi dianggap memiliki tujuan mempercantik diri bukan untuk keperluan medis 

Itulah ulasan mengenai prosedur serta kisaran biaya pasang behel terdekat yang perlu Anda ketahui. Pastikan untuk menggunakan layanan pemasangan behel yang profesional untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *