Scaling Gigi, Apa Saja Manfaatnya? Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan?

Scaling gigi adalah perawatan untuk atasi karang gigi menumpuk. Dengan tindakan ini, gigi dan mulut akan lebih bersih. Banyak orang mempertimbangkan harga scaling gigi terdekat yang murah namun memiliki hasil yang berkualitas.

Inilah pembahasan singkat mengenai manfaat scaling gigi dan harga scaling gigi. 

Apa yang Dimaksud dengan Scaling Gigi?

Scaling gigi merupakan prosedur pembersihan karang gigi. Karang gigi terbentuk dari tumpukan-tumpukan plak menempel di permukaan gigi. Jika dibiarkan saja akan membuat tampilan gigi terlihat kusam serta warnanya kecoklatan. Tak hanya itu, karang gigi mengeras akan susah dibersihkan. Oleh sebab itu, Anda perlu untuk scaling gigi. 

Scaling gigi dapat bersihkan karang gigi yang mengeras. Ketika proses scaling, umumnya bisa sebabkan nyeri, gusi bengkak, sampai keluar darah. Namun tak perlu khawatir, sebab gusi dan gigi sedang menyesuaikan diri selama proses scaling.

Beberapa Manfaat dari Scaling Gigi

Manfaat utama dari scaling gigi adalah bersihkan karang gigi. Karang gigi yang keras serta menempel cukup lama tak dapat dibersihkan dengan menyikat gigi saja. Selain mempunyai manfaat membersihkan karang gigi menempel, scaling gigi pun mempunyai manfaat yang lainnya, seperti:

  • Atasi Bau Mulut

Karang gigi menumpuk jadi tempat bakteri yang sebabkan bau mulut berkembang. Jika dibiarkan saja, maka bisa sebabkan bau mulut. Maka dari itu, scaling gigi bisa jadi solusi mengatasi bau mulut.

  • Jaga Kesehatan Gusi

Karang gigi yang menempel terlalu lama serta mengeras di permukaan gigi bisa sebabkan radang gusi. Jika tak ditangani dengan segera, radang gusi dapat semakin parah dan bisa merusak gigi serta jaringan yang lain. Dengan pembersihan ini, karang gigi akan bersih, sehingga cegah munculnya masalah gusi. 

  • Cegah Resiko Gigi Copot

Gigi berkarang bisa sebabkan gigi tanggal. Sebab, karang gigi menumpuk jadi sarang bakteri tumbuh. Bakteri tersebut akan merusak jaringan gigi serta sebabkan gigi tanggal. Dengan melakukan scaling rutin, Anda bisa terhindar dari gigi tanggal.

  • Warna Gigi yang Terlihat Lebih Cerah

Karang gigi menumpuk akan sebabkan gigi tampak kuning. Maka dari itu, dengan scaling rutin, karang gigi menumpuk akan menjadi terangkat serta membuat warna gigi terlihat lebih cerah. 

  • Hindari Resiko Penyakit yang Lainnya

Masalah muncul pada mulut akan akibatkan karang gigi yang dapat dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang lain. Contohnya, penyakit jantung, diabetes, demensia sampai penyakit kanker yang tertentu. Rutin scaling gigi bisa hindarkan Anda dari resiko berbagai penyakit tersebut. 

Biaya untuk Scaling Gigi

Biaya scaling bervariasi, tergantung di mana tempat Anda melakukan scaling serta tergantung pula kondisi karang gigi dimiliki. Semakin luas dan banyak karang gigi, maka biayanya pun akan semakin mahal. Namun, untuk kisaran harga scaling gigi terdekat adalah Rp 400.000- Rp 1.000.000.

Scaling gigi bermanfaat sekali untuk Anda yang punya masalah karang gigi sebab bisa membersihkan serta menghilangkan karang gigi menyeluruh. Oleh sebab itu, periksakan kondisi gigi rutin ke dokter gigi. Ini untuk hindari penumpukan karang gigi. 

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa manfaat scaling gigi dan estimasi harga scaling gigi terdekat. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *