Tips Penting yang Harus Diperhatikan dalam Proses Cetak Buku Tahunan Sekolah

Belakangan ini, tidak sedikit dari siswa tingkat akhir sekolah yang tertarik melakukan cetak buku tahunan untuk dijadikan sebagai kenang – kenangan semasa sekolah. Jika Anda mungkin juga sedang merencanakan pembuatan buku tahunan sekolah, sebaiknya perlu tahu beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatannya, yang mana akan dibahas di artikel berikut. 

Tips penting yang harus diperhatikan dalam mencetak buku tahunan?

Dalam membuat buku tahunan yang menarik dan berkesan bagi setiap siswa, tentu harus dibuat dengan rancangan yang baik di dalamnya, bukan? Oleh karena itulah, penting bagi Anda untuk menerapkan beberapa tips berikut dalam proses pembuatan buku tahunan sekolah, sebelum nantinya melalui proses percetakan. 

  1. Menentukan konsep / tema

Tips yang pertama, yakni perlu menentukan konsep / tema dari buku tahunan sekolah yang akan dibuat. Sehingga, hal ini akan menjadikan buku tahunan yang dibuat terlihat lebih baik lantaran memiliki alur dan skema yang jelas, baik dari cover sampai akhir halaman.

  1. Menentukan konten

Jika konsep / tema sudah ditentukan, selanjutnya tinggal tentukan konten / isi buku tahunan tersebut. Anda disini bisa menuliskan konten buku tahunan seperti data sekolah, biodata guru & staf sekolah, foto siswa per kelas, foto momen seru selama sekolah dan lain – lain.

  1. Menentukan detail spesifikasi buku tahunan

Dalam menentukan spesifikasi, Anda perlu menyusun bagian draft halaman dari mulai cover sampai dengan akhir halaman. Di samping itu, Anda juga perlu menentukan ukuran, jenis, desain dan lain – lain dalam pembuatan buku tahunan sekolah yang diinginkan. 

  1. Membuat sesi photoshoot 

Tips penting selanjutnya, Anda hanya tinggal membuat sesi photoshoot bersama dengan teman, guru dan staf yang ada di sekolah. Disini, Anda bisa menyelesaikan kostum dan tempat untuk kegiatan photoshoot tersebut agar hasilnya lebih bagus dan menarik. 

  1. Proses editing dan percetakan

Yang terakhir, tinggal proses editing dan percetakan buku tahunan sekolah saja. Di tahapan ini, alangkah lebih baiknya bagi Anda untuk mempercayakan pada jasa percetakan yang sudah benar – benar berkualitas dan terpercaya.

Hal – hal yang harus diperhatikan dalam proses cetak buku tahunan 

Selain memperhatikan beberapa tips di atas, Anda juga perlu tahu beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam proses penyusunan buku tahunan sebelum nantinya dicetak di jasa percetakan pilihan. Beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan disini, yakni seperti :

  • Panitia yang bertanggung jawab dalam pembuatan buku tahunan sekolah.
  • Budget yang diperlukan dalam pembuatan buku tahunan sekolah. 
  • Jasa layanan pembuatan buku tahunan sekolah. 

Dengan memperhatikan beberapa tips dan hal – hal penting yang harus diperhatikan di atas, maka dipastikan pengerjaan cetak buku tahunan akan memberikan hasil yang maksimal dan pastinya sesuai dengan keinginan.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *