Ketahui Beberapa Hal Penting Ini Sebelum Menggunakan Atap Seng Spandek untuk Rumah

Apakah Anda sedang merenovasi atap rumah atau baru saja membangunnya? Jika iya, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan atap seng spandek. Atap seng spandek ini adalah salah satu jenis atap yang cukup populer dan perlahan menggeser penggunaan atap berbahan dasar tanah liat.

Mengenal Atap Seng Spandek

Bahan utama dari atap seng spandek ini tentu saja seng, aluminium, dan juga silikon. Sehingga jenis atap ini tergolong cukup ringan dan fleksibel. Meskipun demikian, atap seng spandek juga mempunyai spesifikasi yang kuat dan kokoh. Jadi lebih mudah untuk diaplikasikan.

Tersedia banyak sekali ukuran atap seng spandek yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari panjang 3 meter, 4 meter, sampai dengan 6 meter. Tidak hanya panjang saja, ukuran atap seng spandek juga dapat dibedakan dari lebar serta ketebalannya.

Saat ini, atap seng spandek mulai banyak dipakai dalam membangun rumah dengan konsep industrial dan minimalis. Hal itu karena jenis atap ini mempunyai banyak sekali keunggulan, mulai dari harganya yang terjangkau, kualitasnya baik, dan lainnya.

Jenis-jenis Atap Seng Spandek

Salah satu keuntungan menggunakan atap seng spandek ini yaitu jenisnya yang cukup beragam. Jadi, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga selera Anda. Berikut ini adalah jenis-jenis atap seng spandek yang perlu Anda ketahui:

  1. Atap Spandek Zincalume

Jenis atap spandek yang satu ini lebih banyak digunakan dalam bangunan komersial. Sebab, sifat dari jenis atap spandek ini lebih simpel dan sederhana. Selain itu, jenis atap seng spandek ini juga terbuat dari campuran alumunium, zinc, dan juga silikon, sehingga cocok juga untuk dijadikan sebagai kanopi.

  1. Atap Spandek Pasir

Apabila Anda menginginkan jenis atap yang tidak berisik ketika hujan turun, maka Anda bisa menggunakan atap spandek pasir ini. Jenis atap yang satu ini cukup banyak dipakai pada rumah dengan konsep minimalis. Diman rangka atap yang digunakan terbuat dari baja ringan. 

  1. Atap Spandek Transparan

Atap spandek dapat digunakan di beberapa area rumah Anda. Misalnya saja, jenis atap spandek transparan ini akan lebih cocok dipasang pada area laundry ataupun tempat untuk menjemur pakaian agar lebih mudah kering. Biasanya, jenis atap rumah seperti ini mempunyai harga yang lebih murah karena memang bahan materialnya menggunakan plastik.

  1. Atap Spandek Laminasi

Jika Anda memerlukan jenis atap rumah yang memiliki ketahanan yang kuat dan lama, maka jenis atap spandek laminasi bisa jadi pilihan terbaik. Jenis atap yang satu ini sudah dilapisi oleh foil di bagian luar, jadi akan lebih kuat terhadap benturan dan juga usia pakainya lebih tahan lama.

Demikian penjelasan mengenai apa itu atap seng spandek dan beberapa jenisnya yang perlu Anda pahami. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *